Fungsi Frame Rate atau FPS Dalam Sebuah Video

Penjelasan Fungsi Frame Rate

Dalam artikel ini kita akan membahas Penjelasan Fungsi Frame Rate dalam sebuah Video. Dalam Fotografi kita mengenal istilah The exposure triangle. Yaitu Aperture, Shutter Speed, dan ISO. Dimana ketiga hal tersebut merupakan 3 inti penting yang harus kita kuasai dalam membuat sebuah karya fotografi.

Artikel lengkapnya bisa di baca di : Aperture Shutter Speed Iso Penjelasan Sederhana

Namun, dalam sebuah karya Videografi ada 1 hal lagi yang sangat penting selain dari The exposure triangle tersebut. Yaitu FRAME RATE dan satuannya bernama FPS ( Frame Per Second ). Sebelum menjelaskan lebih jauh tentang Frame Rate,
ada pertanyaan seperti ini : Apakah Video atau Film yang kita tonton di TV itu benar-benar bergerak ?

Jawabannya adalah tidak! Gambar dalam film yang kita tonton di TV itu hanya “Seolah Begerak” padahal nyatanya Tidak.

Definisi Frame Rate

Frame Rate adalah kumpulan gambar yang muncul dalam 1 detik, dan satuannya bernama FPS ( Frame Per Second ). Sehingga hal itu membuatnya seolah bergerak. dan kumpulan gambar tersebut selanjutnya dinamakan Video.

Contohnya :
24fps, artinya ada 24 gambar di dalam 1 detik.
30fps, artinya ada 30 gambar di dalam 1 detik.

Penjelasan Fungsi Frame Rate

Semakin tinggi angka FPSnya ( semakin banyak gambar dalam 1 detik ) maka Video akan terlihat lebih smooth dan halus saat di tonton.

Tapi tidak semua Film Maker atau Vlogger menggunakan Frame Rate tinggi untuk Videonya, semua tergantung mood yang ingin di bangun dalam video tersebut dan juga peruntukannya.

Penerapan dan Regional Frame Rate

Dalam Penerapan dan Regionalnya Frame Rate dapat di kategorikan kedalam 2 Bagian, yaitu :

1. PAL ( Phase Alternating Line ) Asia, Africa, Europe, South America and Oceania.

25fps : Frame Rate ini menjadi standar yang mendekati looks sebuah film. dan banyak Vlogger menggunakan 25fps untuk Video mereka.

50fps : Frame Rate ini bisa menjadi pilihan untuk Vlogger yang menginginkan looks yang lebih real atau mungkin bisa di gunakan juga demi kebutukan slow motion.

2. NTSC ( National Television System Committee ) Japan dan North America.

24fps : Frame Rate ini adalah standar Frame Rate FILM di seluruh dunia. Meskipun ada beberapa Film Maker yang mencoba menggunakan 48fps ( Film The Hobbits ) dan 60fps ( Film Avatar 2 ) pada karya Filmnya, tapi looksnya masih sangat sulit untuk di terima oleh kebanyakan orang. Dengan demikian 24fps masih jadi standar film2 modern saat ini. dan ada beberapa vlogger menggunakan 24fps untuk mengejar looks yang lebih cinematic.

30fps : Frame Rate ini adalah standar TV Broadcasting, selain 25fps banyak Vlogger di Youtube menggunakan 30fps untuk Videonya.

60fps : Frame Rate ini memiliki looks yang sangat real, cocok sekali untuk Sport, Video Gaming atau bisa juga untuk Vlog yang membutukan kecepatan dan detail. 60fps juga bisa di gunakan untuk membuat efek Slow Motion. Caranya yaitu memanipulasi speed saat proses editing menjadi lebih kecil misalnya di turunkan 50% menjadi 30fps agar looknya jadi dramatis.

Sebenarnya ada 1 lagi yaitu SECAM tapi karena sudah jarang yang menggunakan jadi tidak saya bahas di artikel ini.

Pembahasan lebih dalam mengenai ini bisa di baca di :NTSC dan PAL, Apa dan Kenapa Beda?

Kesimpulan

Jika kamu orang yang lebih serius untuk membuat sebuah karya Vlog / Film atau bentuk karya Video apapun. Frame Rate adalah hal penting dan dasar untuk memulainya. Sebelum membuat karya Video, ada baiknya tentukan terlebih dahulu Basis Frame Rate yang akan kamu gunakan. Apakah 24,25,30,50,60 ? karena hal ini sangat penting sebagai acuan pada saat proses Editing dan hasil akhir dari karya Video yang nantinya akan kamu buat. apakah ingin terlihat cinematic atau terlihat lebih opera sabun ?

Sepengalaman saya Vlogger saat ini umumnya menggunakan 25fps atau 30fps, ada juga beberapa Vlogger yang lebih profesional yang menggunakan 24fps. Semua tergantung kenyamanan masing-masing Vlogger.

Semoga dengan artikel ini kamu bisa mengetahui Fungsi Frame Rate dan bisa dengan baik mengimplementasikannya kedalam karya Vlog kamu ya.

Mau tau cara melihat Frame Rate yang di pakai seorang Vlogger di Youtube ? yuk baca ini : Cara Melihat Frame Rate Video-Video di Youtube

Miga Herlangga

Berbagi sedikit ilmu tentang Foto dan Videografi, Semoga bermanfaat!

View all posts by Miga Herlangga →

One thought on “Fungsi Frame Rate atau FPS Dalam Sebuah Video

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page