Limit Durasi Rekam Video pada Kamera Digital

Limit Durasi Rekam Video

Limit Durasi Rekam pada Kamera Digital jadi mimpi buruk. Durasi rekam yang panjang kadang di perlukan pada Momen tertentu. Limit Durasi rekam video akan menjadi pembahasan di artikel ini.

Sejarah Durasi Limit Rekam Video pada kamera DSLR / Mirrorless

Singkat cerita, awalnya kamera DSLR hanya di gunakan untuk memfoto dan tidak bisa merekam video. Tapi Canon membuat gebrakan dengan merilis Canon 5D Mark II yang bisa merekam video berdurasi 12 menit.

Kenapa cuma 12 menit ? karena ada limit pada Penyimpanan ( SD Card )┬á yang menggunakan sistem FAT32. Jadi secara otomatis ketika media penyimpanan sudah mencapai 4GB, maka video akan berhenti merekam dengan sendirinya. Dan melanjutkan kembali merekam dengan ada “gap” di antara rekaman pertama dan kedua. Kalau di paksakan untuk merekam lebih dari 4GB di dalam 1 file maka akan terjadi Overheat pada Kamera. Dan bisa saja terjadi kerusakan.

Selanjutnya pada tahun 2012 Canon kembali merilis 5D Mark III yang memiliki desain body yang lebih baik. Hharapannya untuk memecahkan masalah Camera Overheating Problem ( kamera panas dan mati karena merekam video berdurasi panjang ). Kamera ini mampu merekam hingga Durasi 30 Menit, Tepatnya 29 menit 59 detik. Sehingga angka 30 Menit menjadi batas baru untuk limit durasi merekam video pada kamera DSLR. Baik itu DSLR atau Mirrorless. Mulai dari Canon, Sony, Nikon, dll.

Kenapa kok cuma 30 Menit ?

Pada tahun 2006, Uni Eropa membuat undang-undang yang “Menambahkan bea impor 5-12% untuk semua jenis produk KAMERA VIDEO”.

Lalu, Apa yang menentukan apakah kamera itu KAMERA VIDEO atau bukan? Singkatnya : Kemampuan merekam lebih dari 30 menit maka itu disebut KAMERA VIDEO.

Akhirnnya Perusahaan seperti Canon dan Nikon memutuskan untuk membatasi kemampuan rekam Kamera mereka menjadi hanya 29 menit 30 detik saja. Dengan alasan tentunya untuk menghindari tambahan pajak bea impor 5-12%.

Limit Durasi Rekam Video

Rekam Video Panjang ( lebih dari 30 menit ) Untuk Apa ?

Saya yakin pasti ada kondisi dimana kita membutuhkan kemampuan kamera untuk bisa merekam lebih dari 30 menit. Tanpa ada Limit Durasi Rekam Video. Contohnya seperti : Merekam Acara Seminar, Pernikahan, dan acara lainnya.

Baca Juga : Cara Membuat Video Sinematik

Solusinya Apa ?

  1. Sebenarnya di internet udah banyak cara untuk “oprek” kamera agar bisa merekam video lebih dari 30 menit. Tapi tentu aja garansinya bisa ilang kalo kamera di “oprek” dengan cara yang tidak seharusnya. ( Tidak di rekomendasikan! kecuali kamu tau apa yang kamu lakukan ).
  2. Membeli kamera baru seperti Panasonic GH5/GH5S, Sony a6400, Sony a7R IV. Dan merk lainnya yang sudah bisa merekam video tanpa batas limit.
  3. Menggunakan Video capture card dan menggunakan Komputer sebagai media penyimpaan.
  4. Pilih Handycam untuk merekam video berdurasi panjang.
  5. Menggunakan External Recorder seperti Ninja Flame.

Di artikel lain saya akan coba bahas lebih rinci ke 5 solusi di atas.

Miga Herlangga

Berbagi sedikit ilmu tentang Foto dan Videografi, Semoga bermanfaat!

View all posts by Miga Herlangga →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page