Cara Membuat Video Sinematik, Penting Untuk Pemula.

Cara Membuat Video Sinematik

Siapa sih yang gak mau bikin video vlognya terlihat sinematik? Selain keren, video vlog yang sinematik juga bisa menambah nilai positif di mata penonton / viewers. Nah, ada beberapa hal penting yang akan kita bahas di artikel ini tentang Cara Membuat Video Sinematik ( atau setidaknya mendekati ).

Catatan : Banyak faktor dan cara untuk membuat tampilan sebuah video terlihat sinematik, penjelasan di bawah ini hanyalah tips singkat dan umum ya. Pengalaman di lapangan yang akan memberikan pemahaman yang lebih baik.

Cara Membuat Video Sinematik

1. Kamera

Kamera merupakan faktor penting ketika kita ingin membuat sebuah vlog yang sinematik.

Selain mode auto untuk kemudahan penggunaan, Sangat di sarankan kamera yang kamu gunakan juga memiliki mode manual. Agar kamu bisa mengejar looks yang sinematik melalui mode pengaturan manual, dengan mengatur frame rate, shutter speed, aperture dan lainnya.

Kemudahan dan efisiensi adalah salah satu hal paling penting yang harus dipertimbangkan ketika memilih kamera vlog. Kita harus bisa merekam dengan cepat sebuah momen tanpa khawatir tentang kemampuan kamera kita.

Jangan lupa, bahwa kamera yang kita gunakan hanyalah sarana untuk menyampaikan cerita kepada orang-orang. Vloggers yang sukses tahu bahwa menceritakan kisah yang menarik adalah hal utama dan di atas segalanya.

2. Setting Kamera Video

Ada beberapa settingan kamera yang perlu di perhatikan jika kita berniat membuat vlog dengan looks yang sinematik, salah satunya yaitu menggunakan pengaturan frame rate di angka 24 (fps).

Frame Rate 24fps adalah standar frame rate yang digunakan dalam film-film layar lebar, yang bertujuan untuk menciptakan fill dramatis dan out of the world / fiksi.

Sebenarnya banyak hal lain selain settingan kamera yang bisa menjadikan sebuah video menjadi terlihat sinematik misalnya dari faktor external seperti lighting, property, dan lainnya.

Baca juga : Fungsi Frame Rate atau FPS Dalam Sebuah Video

3. Tripod Kamera

Menyambung dari settingan Frame Rate di angka 24fps, Menurut saya pribadi jenis Frame Rate ini tidak cocok di gunakan dengan cara handheld ( kecuali tangan kamu bisa stabil ), saran saya lebih baik gunakan tripod atau gimbal agar gambar yang di hasilkan tidak terlalu patah-patah. karena goyangan sedikit pada kamera akan sangat terasa menggangu sekali pada mode 24fps.

Beda halnya kalau menggunakan “mode sport” di atas 30fps atau bahkan 60fps, mungkin dengan nilai frame rate tersebut masih ok untuk di ajak handheld.

Penggunaan Frame Rate tinggi pada vlog sinematik biasanya digunakan untuk membuat slowmotion.

4. Slowmotion

Penggunaan slowmotion juga sangat di sarankan untuk di munculkan, karena slowmotion sering di gunakan dalam sebuah video vlog dengan bertujuan menciptakan efek dramatis yang bisa memunculkan kesan tertentu.

Gunakan frame rate tinggi pada saat shooting, kemudian turunkan speednya sekian persen pada software editing. untuk mendapatkan / mendekati hasil yaitu 24fps.

Untuk hitungan berapa persen speed yg harus di turunkan kamu bisa menggunakan rumus ini :

Rumus :

24 / ( fps saat merekam ) =… X100

Contoh :

24 / 60 = 0.4 x100 = 40

Jadi, jika kamu menggunakan speed 60fps pada saat merekam dan berencana akan membuat slowmotion pada saat editing untuk di turunkan menjadi 24fps ( Jangan lebih kecil dari 24fps). Silahkan turunkan speednya sebanyak 40%, dan seterusnya.

5. Konsep Cara Membuat Video Sinematik

Berusahalah membuat konsep yang matang sebelum mengeksekusi. Minimal berfikirlah terlebih dahulu sebelum menekan tombol record. Apa yang ingin kita rekam, bagaimana angel yang bagus, bagaimana settingannya. dan segala macamnya. Hal tersebut bisa mempermudah dan mempercepat kita saat proses editing.

Selain untuk kebutuhan vlog, pembuatan video dengan gaya sinematik juga di butuhkan untuk beberapa bidang pekerjaan yang menggunakan video sebagai medianya, diantaranya video weeding dan acara-acara ceremony sejenis untuk menambahkan kesan dramatis ataupun kesan tertentu yang di inginkan sang video maker. Nah, demikian artikel tentang Cara Membuat Video Sinematik, semoga berguna untuk kita semua.

Miga Herlangga

Berbagi sedikit ilmu tentang Foto dan Videografi, Semoga bermanfaat!

View all posts by Miga Herlangga →

2 thoughts on “Cara Membuat Video Sinematik, Penting Untuk Pemula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page