Apa itu Flicker Video dan Cara Mengatasinya

flicker lampu

Apa itu Flicker ? Pernah lihat hasil rekaman video berkedip atau bergaris saat merekam dan mengarahkannya ke layar Televisi, Monitor, Smartphone atau bahkan Lampu Jalan? kadang hasil video tersebut seperti berkedip-kedip atau bergaris kan?

Tenang aja! Ternyata masih banyak yang mengalaminya! Yuk kita bahas Apa itu Flicker dan cara mengatasinya.

Apa itu Flicker ?

Secara sederhana Flicker artinya Berkedip. Kedipan itu berasal dari sumber cahaya yang kita rekam, seperti Lampu, Televisi, Monitor, Handphone, dan sumber cahaya lainnya.

apa itu flicker

Bagaimana Flicker Terjadi ?

Ada beberapa alasan terjadinya Flicker. Salah satunya terjadi ketika Refresh Rate yang dihasilkan oleh frekuensi listrik pada suatu media ( lampu / monitor / televisi ) tidak sinkron dengan settingan Frame Rate pada Kamera yang kita gunakan pada saat merekamnya.

Contoh : Saat kita melakukan Vlog di Negara Jepang yang menggunakan standar sinyal kelistrikan 60hz (NTSC ) dan Settingan Kamera kita menggunakan standar 50hz ( PAL ). Maka bisa terjadi Flickering.

Flicker juga bisa terjadi ketika kita menggunakan setingan Shutter Speed di kamera yang terlalu tinggi. Misalnya 1/200 1/400 dan seterusnya.

Biasanya Flicker terjadi pada Media TV tabung ( CRT ) atau lampu Neon ( Fluorescent ). Sedangkan televisi dengan teknologi terkini seperti HDTV dan lampu LED tidak terpengaruh terhadap Flickering ini, karena biasanya nilah Refresh Ratenya sudah digandakan di angka 120fps atau 340fps.

Flickering terjadi pada media / sumber cahaya ( lampu / monitor / televisi ) yang mengunakan sumber listrik AC ( Alternating Current ).

Flickering tidak akan terjadi pada media / sumber cahaya ( lampu / monitor / televisi ) yang menggunakan sumber listrik DC ( Direct Current ). Sumber cahaya yang menggunakan baterai.

Umumnya ada 2 jenis Frekuensi daya listrik di dunia ini yaitu 50hz dan 60hz, Perbedaan angka ini terjadi karena kebijakan kelistrikan dari masing-masing negara. Dalam dunia Broadcast dan Videografi hal tersebut berpengaruh terhadap standar Frame Rate pada kamera yang ada pada tiap negara di belahan dunia, dalam dunia Broadcast dan Videografi kita mengenalnya dengan istilah PAL (50hz) dan NTSC (60hz).

Selengkapnya tentang PAL dan NTSC  : NTSC dan PAL Apa Sih? dan Kenapa Berbeda?

Cara Mengatasi Flicker

Meskipun Flicker tidak bisa di hilangkan seutuhnya tapi kita bisa meredamnya dengan beberapa setingan yang tepat. Cara mengatasi Flicker secara sederhana yaitu kita tinggal menyeting Frame Rate dan Shutter Speed kamera dan menyesuaikan dengan frekuensi daya listrik PAL atau NTSC.

  • Negara dengan frekuensi daya listrik 60hz : Gunakan Frame Rate 60p atau 30p dan Shutter Speed di 1/60 atau 1/30
  • Negara dengan frekuensi daya listrik 50hz : Gunakan Frame Rate 50p atau 25p dan Shutter Speed di 1/50 atau 1/25

Semakin besar Shutter Speed yang kita gunakan biasanya Flicker akan semakin terlihat.

Dengan perkembangan teknologi sekarang masalah Flicker ini mungkin akan mudah di atasi karena di beberapa kamera modern dan kamera smartphone sudah ada yang punya mode Auto / Anti Flicker.

Belajar dari Pengalaman

Dengan kondisi di lapangan yang berbeda-beda, Teori ini sebenarnya hanya dasar saja. Pengalamanlah yang akan membuat kita semakin mengerti bagaimana solusi yang cocok untuk mengatasinya Flicker mengikuti kondisi lapangan yang ada.

Miga Herlangga

Berbagi sedikit ilmu tentang Foto dan Videografi, Semoga bermanfaat!

View all posts by Miga Herlangga →

One thought on “Apa itu Flicker Video dan Cara Mengatasinya

  1. Mantap om, artikel yang bagus, dan cukup membantu saya yang awam ini.
    Good statement, pengalaman yang menentukan 😁

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page